Selasa, 12 Januari 2010

Menuju BM 1 K

Tiga Figur Kemungkinan Bersaing dalam Pilkada 2011
TELUK KUANTAN, - Helat suksesi Bupati dan Wakil Bupati Kuansing memang satu setengah tahun lagi, April 2011 mendatang. Namun sejak saat ini, suhu politik sudah mulai memanas. Sejumlah tokoh digadang-gadang akan ikut serta bertarung menjadi Bupati dan Wakil Bupati 2011- 2016 berikutnya.
Tokoh yang paling berpeluang maju dari segala segi masih ditangan H. Sukarmis ( Bupati sekarang ). Ia memiliki insfrastruktur politik yang memadai. Partai Golkar yang Ia pimpin meraih 9 kursi dfi DPRD dan berhasil membentuk fraksi sendiri. Jika dihitung dari jumlah kursi DPRD yang ada 35 orang, dengan kekuatan 9 anggota dewan berarti sudah mencapi 25 persen, jauh dari persyaratan yang ditetapkan 15 persen.
Sebagai in cumbent jelas pengaruhnya di birokrasi, masyarakat dan kekuatan sosial kemasyarakatan lainnya tidak boleh dianggap enteng. Sewaktu masih menjadi Ketua DPRD, ia juga mampu menjungkalkan in cumbent saat itu Drs. H. Asrul Ja'afar.
Tokoh berikutnya yang berpeluang maju menjadi calon Bupati yakni Drs. H. Mursini, M.Si. Tokh yang sekarang mendampingi Sukarmis sebagai Wabup juga memiliki pengaruh yang dalam di ranah politik daerah ini. Parpol tempatnya bernaung Partai Persatuan Pembangunan ( PPP ) memiliki 4 kursi di DPRD. Di DPRD PPP bekerjasama dengan Partai Demokrat yang memiliki tiga kursi membentuk fraksi sendiri. Ini juga memenuhi syarat untuk maju menjadi calon Bupati mendatang karena berhasil menghimpun sebear 20 persen suara.
Tokoh lain yang bakal maju disebut-sebut Syaifullah Afrianto. Politisi yang pernah menjadi anggota DPRD Kuansing dua periode ini dikenal juga memiliki pengaruh yang cukup besar disamping popularitas yang memadai. Keberhasilan dirinya merangkul kekuatan di DPRD akan menentukan nasibnya menjadi salah seorang kandidat.
Jalur lainnya yang akan maju menjadi kandidat Bupati yakni dari jalur independen. Sejumah nama disebut-sebut akan maju dari jalur ini seperti Rustam Efendi Ketua PIB Kuansing. Ia juga dikenal memiliki jaringan lobi dan politik yang memadai, baik ke atas, ke samping dan ke bawah. Kemampuannya membesarkan PIB di Kuansing menjadi catatan tersendiri dihadapan kandidat-kandidat lainnya. ( idi susianto )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar