Selasa, 19 Januari 2010

INFO PENDIDIKAN 20 JANUARI

PBM Tak Efektif

Disdik Diminta Pantau PBM di SD 012 Beringin Jaya

TELUK KUANTAN, - Dinas Pendidikan diminta memantau pelaksanaan proses belajar mengajar ( PBM ) di SD Negeri desa Beringin Jaya Kecamatan Singingi Hilir. Pasalnya wali murid prihatin dengan PBM di sekolah ini yang tidak menunjukkan perkembangan yang berarti sejak sekolah berdiri.

“ Banyak anak-anak didik yang belum pandai membaca walaupun sudah duduk di kelas lima dan enam, ini yang menjadi keprihatinan Kita,”ujar Yandi Irson salah seorang wali murid kepada wartawan, Selasa kemaren.

Katanya banyak alasan mengapa kondisi ini terjadi, pertama karena memang kualitas anak didik rendah artinya daya tangkap kurang, guru tidak berkualitas atau proses belajar mengajar serta tingkat kedisiplinan pengajar dan penanggung jawab kurang.

Karena itu Ia meminta Dinas Pendidikan untuk memantau ke lokasi, namun agar tidak diketahui, pemantauan dilakukan secara diam-diam. Pemantuan ini diperlukan, karena wali murid menilai Kepsek jarang berada di tempat. “ Walaupun setelah Kami tanyakan, Kepsek beralasan ada urusan ke Kacab Pendidikan di Koto Baru ibukota Kecamatan Singingi Hilir,”ujarnya.

Tapi harapan wali murid Kepsek dan guru katanya, tentu saja mereka berada setiap saat di sekolah agar proses belajar mengajar berjalan dengan efektif untuk meningkatkan kualitas SDM murid-murid apalagi berada di wilayah pinggiran. “ Kalau ada tugas yang mendesak tentu saja dapat difahami, tapi kalau tidak diharapkan berada di sekolah,”ujarnya.

Sedangan Kadis Pendidikan Kuansing, Drs. H. Alwis, M.Si yang dihubungi kemaren mengaku, belum menerima keluhan wai murid di SD ini. Namun sebagai penanggungjawab sector pendidikan di daerah ini, Ia akan merespon jika memang kondisi demikian. Saat ditanya apakah akah turun ke lapangan atau menugasi pejabat tertentu, menurut Alwis langkah itu akan dilakukan tanpa menyebut kapan waktunya. ( idi susianto )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar