Senin, 18 Januari 2010

Info Desa 19 Januari

Musrenbangdes.
Koto Sentajo Sampaikan Sejumlah Aspirasi Pembangunan
TELUK KUANTAN, - Bertempat di Kantor kepala desa Koto sentajo Kecamatan kuantan Tengah Jumat lalu (15/1) masyarakat Koto Sentajo melaksanakan Musyawarah Rencana pembangunan desa (Musrenbangdes). Musyawarah tersebut dipimpin langsung Kepala Desa Koto Sentajo Asrizal. Acara ini juga dihadiri Ketua BPD beserta Anggota, Para Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda.

Dalam Musrenbangdes ini dapat beberapa usulan untuk pembangunan Desa Koto Sentajo yang akan disampaikan dan diteruskan pada Musrenbang Tingkat Kecamatan Kuantan Tengah. Adapun beberapa hal yang disepakati dalam Musrenbangdes tersebut diantaranya, Masalah Ekonomi masyarakat, diusulkan berupa Pengadaan Hand Traktor dan Bajak. dengan sasaran untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Koto Sentajo. Selain itu diusulkan pula untuk Kepemudaan diantaranya Alat-alat Olahraga, Randai dan Alat-alat Rebana..


Selain itu pada Musrenbangdes juga diusulakn masalah Sosial Budaya. Adapun usulannya alat Rarak Godang. Adapun sasarannya yakni untuk melestarikan kebudayaan Rarak Godang yang saat ini hampir punah terutama di Kenegerian Sentajo. Selain itu juga akan diusulkan pada Musrenbang Kecamatan Kuantan Tengah yakni Pengadaan satu unit Komputer dengan sasaran untuk administrasi pelayanan masyarakat. Sedangkan masalah Inspratruktur jalan pada Musrenbangdes ini juga memasukan usulan untuk peningkatan Jalan terutama Peningkatan Jalan Ke Kuantan Putui sepanjang 1000 Meter, Pengaspalan Jalan menuju hutan lindung Sentajo sepanjang 1300 meter. Begitu juga usulan untuk normalisasi aliran sungai baru topang sepanjang 500 meter dan sungai buriang sepanjang 300 meter.


Begitu juga perbaikan jalan semenisasi yang sudah rusak sekitar 2000 meter, Pembuatan Rumah layak huni masyarakat dengan sasaran untuk kesejateraan masyarakat.begitu juga usulan untuk pembuatan MCK, Cikdam penampungan air bersih untuk mengantisipasi musim kering datang.Selain itu juga mengagendakan usulan untuk Peningkatan Jalan baru koto, Pengembangan proyek sapi bali serta bantuan pupuk bersubsidi dan Pembuatan MDA Desa Koto Sentajo.


Pada Kesempatan tersebut Kepala Desa Koto Sentajo mengatakan, adapun Musrenbangdes di dilaksanakan untuk mengusulkan program Desa Koto Sentajo ke pembahasan Musrenbang Tingkat Kecamatan Kuantan Tengah untuk tahun 2011 mendatang. maka dengan adanya usulan dari Desa tersebut maka dalam Musrenbang Kuantan Tengah nanti bisa dibahas. Kita hanya mengusulkan program desa masalah diterima atau tidak itu bukan wewenang kita. Kita berharap beberapa usulan yang dibahas di Musrenbangdes ini akan dapat diproritas demi kepentingan masyarakat. maka dari itu diharapkan agar masyarakat terutama masyarakat Koto Sentajo agar bersabar karena beberapa usulan dari musrenbangdes ini akan kita sampaikan ke Musrenbang Kecamatan Kuantan Tengah.

Memang masih banyak kekurangan dan keperluan masyarakat Desa Koto Sentajo namun kita berharap beberapa usulan pada Musrenbangdes ini ada yang akan tembus nantinya pada pembahasan Musrenbang Kuantan Tengah. Maka kita sama-sama berdo'a kedepan pembangunan baik sarana jalan maupun kebetuhan lainnya akan terpenuhi tutup Asrizal. ( idi susianto )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar